Renungan Mingguan Kristen

renungan terbaru

Gambar
RUMAH  ALLAH  DITENGAH-TENGAH KITA berbicara tetang rumah Allah maka kita berbicara tentang kemah suci dalam pembacaan ini, atau gereja yakni rumah tempat berdoa dan melakukan upacara agama krsiten, juga keluarga Allah yang dibangun atas landasan Yesus Kristus atau bait-Nya yang mulia, tempat Allah berkenan tinggal.  maka dengan demikian jika kita berbicara tentang rumah Allah ditengah-tengah kita artinya Tuhan tinggal bersama kita.  (ay. 1-8) D alam pasal ini   Perintah-perintah diberikan untuk mendirikan Kemah Suci dan memasang semua perlengkapannya di tempat-tempat yang semestinya ,Israel memasuki era yang baru, mereka akan memasang Kemah Suci dan segala perabotan yang telah dibuat sesuai perintah Tuhan. Nas dimulai dengan menunjukkan kapan pendirian Kemah Suci harus dilakukan, yaitu "hari pertama dari bulan yang pertama"   Ini semua terjadi persis pada permulaan tahun yang kedua. sebelum melihat terlalu jauh perlu diketahui bahwa Nas ini terdiri dari dua bagian. Bagian pe

MATERI KSP

 Menjadi bahan yang dikhotbakan dalam ibadah KSP 

MATERI  KSP GKI PNIEL 26 MARET 2024

PEMBACAAN LUKAS 22:14-20

Firman Tuhan Tentang Masa2 Sengsara dan Paskah . 

Bahan Diskusi :

1. Apa Yang Kita Pahami tentang Makna  / arti Dari Minggu2 Sengsara itu menurut Firman Tuhan  ? 

Minggu-Minggu sengsara disebut juga Sebagai Prapaskah/Sengsara? Masa ini dirayakan 7 Minggu (Minggu) berturut-turut sebelum Paskah, Prapaskah merupakan masa penyadaran diri dan pertobatan. Manusia berdosa menerima anugrah keselamatan melalui penderitaan, kematian, dan pengorbanannya dikayu Salib. 

2. Apa yang Kita Pahami Tentang Paskah menurut Firman Tuhan ?

PL lihat pada materi dan dalam PB Adalah hari raya yang penting dirayakan sebagai hari Kebangkitan Kristus dan merupakan titik tolok Iman Kristen 1 kor 15 : 14 dirayakan dalam kegembiraan dan suka cita.

3. Apa Makna dan Arti Dari Minggu2 Sengsara dan Paskah bagi kehidupan Pribadi  dan  Keluarga ? 

Untuk jawaban nomor tiga untuk minggu sengsara dan paskah jawabannya ada pada Nomor 1 dan 2 tinggal kehidupan pribadi apa 

Pesta pertama dari ketiga pesta tahunan yang terbesar dari orang Ibrani, dirayakan dalam bulan Nisan dari tanggal 14 sampai 21. Bulan Nisan dalam  kalender Gregorian  itu sekitar bulan Maret-April Dirayakan  sebagai peringatan tentang peristiwa malaikat maut ketika melalui rumah-rumah Israel hendak membunuh semua yang sulung di tanah Mesir  ( baik binatang maupun manusia), sebelum bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Keluaran 12:1-51;13:13-10;23:14-19 Imamat 23:4-14. Disebut juga “pesta roti tak beragi”

Perjamuan Paskah Yahudi dikenal dengan sebutan Seder Pesakh. Dalam  perayaan  ini, bangsa Yahudi makan roti tidak beragi dan sayur pahit. Roti dan sayur melambangkan dua hal, yaitu: Pertama, pahitnya penderitaan bangsa Israel karena penindasan orang Mesir.Kedua, pahitnya penderitaan bangsa Mesir ketika Allah mencabut nyawa semua anak sulung mereka (Kel. 12:1-15, 19-20). 

Penyembelihan anak domba paskah dan menaruh darah di ambang pintu rumah supaya malaikat maut merewati mereka yang ditutupi darah (keluaran 12:13). artinya dombah dan atau darahnya yang menyelamatkan. Dirumah mana terdapat darah domba tulah kemusnahan lewat.

Cawan dalam PL melambangkan dua hal.Pertama, murka Allah bagi segenap tanah dan penduduk Mesir  keluaran 12:12 “Kedua, penebusan Allah bagi umat Israel yang luput dari wabah kematian. Keluaran 12:13 cawan atau yang juga disebut piala Yeremia 49:12 yakni piala yang berisi anggur kehangatan amarah Yeremia 25:15 cawan yang tak ada nyawa dalamnya Yeremia 51:17 cawan dari emas yang berisi murka Allah Wahyu 15:7

(Kel 12:14).hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.

 Sebab itu, Paskah  merupakan perayaan bagi keperkasaan Allah Israel yang harus dilakukan selamanya. ini merupakan salah satu bagian firman Tuhan yang sangat dikenal oleh kita semua, baik dalam acara perjamuan kudus di kebaktian hari Minggu maupun peringatan Jum’at Agung.

  Arti paskah dalam PB dan bagi kita kini Lukas 22 :14 - 20 .

Selalu dibacakan bahkan diulas. Walaupun sebenarnya yang lebih sering dibacakan dalam sakramen tersebut adalah dari 1 Korintus 11:23-26.inilah tubuh-Ku, yang diserakan bagimu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan aku!

Demikian juga ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata:”cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh dara-Ku Perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya menjadi peringatan akan Aku”

Pada permulaan perjamuan, Tuhan Yesus menyatakan kepada para murid bahwa perjamuan Paskah yang mereka laksanakan merupakan perjamuan terakhir sebelum kematian dan kebangkitan-Nya (16, 18). Di dalam kemahatahuan-Nya, Tuhan Yesus sadar bahwa sesaat setelah peristiwa ini, diri-Nya harus mengalami "perpisahan" dengan para murid (15).”Aku sangat Rindu makan ini bersama-sama dengan kamu. Ayat 18b mulai dari sekarang ini aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai kerajaan Allah datang.

PENJELASAN AYAT :

1. Ayat 14 saat menurut rencana dan ketetapan Allah, terbentuk suatu persekutuan antara Yesus yang adalah Guru, tuan, dan Tuhan. Serta para murid atau  rasul-rasul-Nya. Yang dalamnya ada kebersamaan .

2. Ayat 15 Yesus menyatakan kerinduan makan paskha bersama para murid-Nya.  Sebab persekutuan dalam kebersamaan  yang nyata ini tidak terjadi lagi oleh karena Kesengsaraan atau penderitaan-Nya.

3. Ayat 16 hal ini telah digenapi ketika Kristus, Anak domba Paskah kita disembeling bagi kita (1 korintus 5:7) juga digenapi dalam perjamuan yang merupakan sebuah ibadah kerajaan injil yang didalamnya perjamuan paskah digenapi. Setelah pencurahan Roh kudus, murid Tuhan sering merayakan perjamuan ini. ( Kisah para rasul 2 :42, 46  Wahyu 3:20 )

4. Ayat 17 pelayanan yang dilakukan oleh Yesus, “ia mengambil cawan”  merupakan tidakan nyata dari Yesus yang melayani. Juga kata  “Ambilah ini dan bagikanlah diantara Kamu” ungkapan  yang dalamnya adalah  perintah untuk menerimah serta membagikan jawan  diantara mereka (semua orang), hal ini untuk mengajarkan mereka untuk menerapkanya bagi jiwa mereka sendiri. Sebab perubahan makna yang kemudian berubah menjadi penderitaan, kesengsaraan dan atau Tubuh serta darah Kristus. (Untuk penjelasan cawan dapat dilihat diatas)  

5. Ayat 18 “tidak akan minum lagi hasi pokoh Anggur”  pokok Anggur adalah darah Kristus yang telah ditumpakah untuk pengampunan dosa - dosa manusia dan untuk keselamatan  dalam PL Domba, dan dalam PB dombah  itu adalah Yesus yang disebut Anak Domba Allah dan darah yang tercurah  Yohanes 1:29 itu memberikan keselamatan  dari cawan / Murkah Allah dengan demikian cawan dalam PB  juga disebut sebagai cawan  ucapan syukur karena  merupakan persekutuan dengan Kristus  ( Perdamain dari murkah  ).

6. Ayat 19 Roti menjadi pemecahan Tubuh Kristus sebagai Pengorbanan bagi kita. dilambangkan dengan upacara pemecahan Roti, menurut taurat disebut santapan Allah kita ( Imamat 21:6 & 8 serta 17  ) inilah Tubuhku yang diserahkan  bagi kamu. Adalah perayaan yang di selenggarakan pada upacara pengorbanan  yang ditetapkan .

7. Ayat 20 untuk cawan lihat pada penjelasan tentang cawan  juga dalam penjelasan ayat 18 “adalah perjanjian baru oleh darah-Ku pembaharuan perjanjian terjadi melalui darah dan atau Nyawa Kristus  yang ditumpakan bagi kamu  tertupah bagi kita ( Imamat 17:11 ibrani 9;14 1 petrus 1:18-19 efesus 1: 7 efesus 2 :13 1 yohanes 1: 7 yohanes 6 : 56

Perlu diperhatiakan bahwa bentuk ibadanya adalah diskusi. itu berarti sama-sama memberikan padangan antara satu sama lain. jika ada yang tidak dapat menjawab maka dijawab sama yang lain. majelis yang mengkordinir KSP bukan jawaban tetapi mengarakan agar diskusi berlansung baik. maka tidak perlu ada pertanyaan yang harus diajukan yang membebani majelis. dalam diskusi tidak ada guru, juga murid, akan tetapi keduanya adalah murid yang belajar bersama.

Untuk tambahan/ Referensi silakan baca dari  1 Korintus 11:23-32

Berbagi hidup merupakan salah satu bentuk solidaritas menghadapi berbagai macam tantangan. Suatu komunitas masyarakat menjadi sejahtera karena dibangun dari kemauan berbagi hidup. Mereka berbagi informasi, pengetahuan, keterampilan, keuntungan, bahkan berbagi kerugian. Kemiskinan dan ancaman kebinasaan di dunia ini pun dijawab oleh Yesus Kristus dengan membagi hidup-Nya bahkan menyerahkan tubuh-Nya. Yesus membagi kemuliaan-Nya supaya manusia menjadi mulia. Namun, kita kadang melupakan perbuatan Yesus, sehingga kita menjadi egois dan hanya memuaskan diri sendiri.

Sejak semula, perjamuan dalam jemaat Kristen ditandai dengan berbagi makanan dan minuman. Namun di jemaat Korintus sudah bergeser. Kebiasaan perjamuan makan bersama sebelum perjamuan kudus berubah menjadi menikmati makanannya sendiri (17-22). Yang miskin pun semakin tersingkir. Padahal, perjamuan kudus merupakan jalan untuk mengingat dan memberitakan solidaritas Kristus melalui kematian-Nya bagi keselamatan dunia (23-26). Yesus menjadi miskin supaya kita menjadi kaya. Yesus mati supaya kita hidup. Pengakuan akan tubuh dan darah Kristus ditandai dengan sikap menghormati perjamuan kudus. Makan pada Perjamuan kudus tanpa mengakui tubuh dan darah Kristus sama dengan mengundang hukuman bagi diri sendiri (27-34).

Sesungguhnya, tidak ada perjamuan tanpa kebersamaan. Makan sendiri dalam sebuah acara perjamuan bersama hanya mendatangkan keburukan bahkan perpecahan dalam komunitas. Orang yang sedang lapar dan tidak punya makanan akan merasa minder dan tersisih apabila orang yang berpunya tidak berbagi makanan. Tuhan Yesus Kristus membagi kasih dan kemuliaan-Nya kepada dunia ini, dan Ia tidak pernah kekurangan kasih dan kemuliaan-Nya. Ketika kita berbagi dengan sesama, hal itu tidak akan membuat kita berkekurangan. Sebab itu, buanglah keegoisan, kepentingan diri, dan kepuasan diri dalam perjamuan kudus atau perjamuan kasih. Wujudkanlah kasih Kristus!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERDAYAAN YANG DI KEHENDAKI TUHAN

Taat menjadi murid Tuhan

Roh Kudus Allah dan Pemberitaan Allah