Renungan Mingguan Kristen

renungan terbaru

Gambar
RUMAH  ALLAH  DITENGAH-TENGAH KITA berbicara tetang rumah Allah maka kita berbicara tentang kemah suci dalam pembacaan ini, atau gereja yakni rumah tempat berdoa dan melakukan upacara agama krsiten, juga keluarga Allah yang dibangun atas landasan Yesus Kristus atau bait-Nya yang mulia, tempat Allah berkenan tinggal.  maka dengan demikian jika kita berbicara tentang rumah Allah ditengah-tengah kita artinya Tuhan tinggal bersama kita.  (ay. 1-8) D alam pasal ini   Perintah-perintah diberikan untuk mendirikan Kemah Suci dan memasang semua perlengkapannya di tempat-tempat yang semestinya ,Israel memasuki era yang baru, mereka akan memasang Kemah Suci dan segala perabotan yang telah dibuat sesuai perintah Tuhan. Nas dimulai dengan menunjukkan kapan pendirian Kemah Suci harus dilakukan, yaitu "hari pertama dari bulan yang pertama"   Ini semua terjadi persis pada permulaan tahun yang kedua. sebelum melihat terlalu jauh perlu diketahui bahwa Nas ini terdiri dari dua bagian. Bagian pe

KEUTAMAAN YESUS DALAM CIPTAAN DAN KEBANGKITANYA

 

KOLOSE 1:15-23

Kol 1:15-20 Bagian puitis yang indah ini mungkin mencerminkan suatu nyanyian atau keyakinan gereja mula-mula. Ini berurusan dengan (1) ketuhanan kosmik Yesus dan (2) Tindak penebusan-Nya. Aspek ganda yang sama terlihat dalam Ibr 1:2-3. Hal ini mencerminkan beberapa istilah Gnostik, "anak sulung", "kepenuhan", dan konsep-konsep seperti tingkat malaikat (yaitu aeon) dari ay. 16, dan kemanusiaan Yesus yang sejati dan kematian dalam ay.20.

Perhatikan kata "semua/segala/seluruh" digunakan tujuh kali (lih. ay. 15,16 dua kali, 17 dua kali, 18,20).

Pelayanan Yesus bersifat inklusif, semua yang, berasal dari-Nya.

1. dari segala yang diciptakan

2. di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu

3. Dia ada terlebih dulu dari segala sesuatu

4. segala sesuatu ada di dalam Dia

5. Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

6. seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia

7. oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya,

( KATA GANTI "diri-Nya" berhubungan dengan Bapa) berapa sering KATA GANTI "Dia" ini disajikan dengan KATA DEPAN yang berbeda.

1. "di dalam Dia," ay. 16,17,19

 2. "melalui Dia," ay. 16,20

3. "Kepada / ke dalam Dia," ay. 16,20 (perhatikan hal yang sama seperti ini di Ef 1:3-14)

Kol 1:15 "Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan" Kata yang sama (eikon) digunakan untuk Yesus dalam Kol 3:10 dan 2Kor 4:4. Sebuah ungkapan teologis yang sama terdapat dalam Yoh 1:18; 14:9; Fili 2:6; Ibr 1:3. Bagian Ibr 1:3 memiliki istilah Yunani yang lebih kuat (charakter, yang berarti sebuah perwakilan yang tepat, lih. Kej 1:26-27; 5:1; 9:6; 1Kor 11:7; Yak 3:9). Melihat Yesus berarti melihat Allah! Allah yang tidak kelihatan telah menjadi terlihat! Tuhan telah menjadi manusia (lih. Yoh 14:9).

Pelayanan Yesus adalah untuk memulihkan gambar Allah dalam kemanusiaan. Dalam satu pengertian Eden telah dipulihkan melalui Yesus, Adam yang kedua (lih. Rom 5:12-21;pembacaan minggu 28 april 2024.  1Kor 15:20-28; Fili 2:6).

Alkitab dimulai dengan Allah, manusia dan hewan (lih. Kej 1; 2) dan diakhiri dengan Allah dan umat manusia di lokasi taman (dengan hewan secara tersirat, lih. Wahy 21; 22). Dan  nubuatan dari Yes 11:6-9 menggambarkan anak-anak dan hewan bersama-sama dalam zaman baru serta Yerusalem baru turun ke bumi yang telah diciptakan kembali ( 2 Pet 3:10-13; Wahy 21:2)

 "yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan" Ini adalah metafora PL untuk posisi Yesus yang unik dan ditinggikan. Para rabi mengatakan bahwa ini berarti keunggulan ( Kel 4:22),  dalam PL ini digunakan untuk putra tertua sebagai pewaris dan manajer keluarga  sedangkan dalam Mazm 89:27 ini digunakan dalam arti Mesianik. Dan dalam Ams 8:22 ini merujuk pada Hikmat sebagai ciptaan pertama Allah dan pelaku dari penciptaan.

Pemjelasan singkat bahwa. Frasa ini tidak untuk dipahami bahwa Yesus adalah ciptaan yang pertama. Hal ini telah dimainkan tangan para guru Gnostik, yang mengajarkan bahwa Yesus adalah tingkatan malaikat yang tertinggi tepat sebelum Allah yang tertinggi. Ini harus ditafsirkan dalam latar belakang PL Yahudi nya. Yesus adalah putra tunggal Allah (lih. Yoh 1:18; 3:16,18; 1Yoh 4:9), namun Yesus selalu merupakan Tuhan ( Kol 1:17; Yoh 1:1; 5:18; 10:30; 14:9; 20:28). Ia menjadi manusia dalam suatu waktu tertentu, di Betlehem, sehingga manusia yang jatuh dapat memahami dan mengenal Tuhan ( Yoh 1:14,18).

Di tengah pengajaran yang diterima jemaat kolose yang menentang keunikan Yesus, Paulus perlu menegaskan kembali tentang siapakah Yesus. Mengapa Yesus dikatakan lebih utama dari segala  yang ada? Karena beberapa alasan beriku ini: 

pertama, Yesus adalah satu-satunya Pribadi Allah yang menyatakan siapakah Allah. (Yohanis 1:18 tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya) Dia tidak diciptakan dan Dia mendahului segala ciptaan yang ada. Tiada satu pun ciptaan yang sama bahkan lebih tinggi dari Dia, karena Dialah Allah (ayat 15) Dengan demikian pengenalan kita kepada Allah yang tidak nampak menjadi nyata dan terselami, karena Allah telah beringkarnasi menjadi manusia yang dekat dengan kehidupan manusia. (Yohanes 20:31 tetapi semua yang tercantum disini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.) 

Kedua, Dialah Allah Pencipta yang telah menciptakan segala sesuatu (ayat 16a Yohanes 1:1-4 Kejadian 1:2 ) maka dialah penguasa sejarah manusia dan seluruh alam semesta.  Seluruh ciptaan ada didalam kuasa-Nya dan diciptakan demi kemulia-Nya maka Dialah penguasa sejarah manusia dan seluruh alam semesta. Seluruh ciptaan ada di dalam kuasa-Nya dan diciptakan demi kemuliaan-Nya. 

Ketiga, Dialah penguasa segala kuasa, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan (ayat 16b). 

Keempat, dalam Dia bersumber segala kuasa (ayat 16c). Tiada penguasa yang memperoleh kuasa dari diri sendiri atau orang lain, kecuali dari Dia. Oleh karena itu segenap penguasa harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya kepada Dia (ayat 16d). Menyadari keunikan-Nya yang memang tidak tertandingi oleh penguasa mana pun, masihkah kita berpikir bahwa ada penguasa-penguasa baik yang hadir secara nyata dalam dunia maupun penguasa-penguasa di dunia yang tidak kelihatan berada di luar kedaulatan-Nya? Sesungguhnya hanya Yesus Sang Penguasa tunggal yang berdaulat atas semua penguasa.

 Ia berkuasa dan menguasai segala bidang dalam kehidupan manusia, maka siapa pun kita, penguasa sekali pun tetap harus mempertanggungjawabkan di hadapan-Nya. Bila kita berada dalam tangan penguasa yang seakan bebas menyalahgunakan kekuasaannya, satu hal yang menguatkan kita adalah bahwa Dia tidak akan memberikan kebebasan melampaui kedaulatan-Nya.

Satu-satunya cara untuk menyatakan diri-Nya adalah dalam wujud manusia yang tidak berdosa, yang dapat berhubungan serta berbicara dengan manusia yang berdosa. Dengan demikian kita dapat melihat kemuliaan Allah pada wajah Kristus. Kristus adalah Pencipta dan segala sesuatu adalah ciptaan-Nya termasuk yang tidak dapat dilihat oleh mata, yaitu makhluk-makhluk sorgawi seperti para malaikat, yang melayani Tuhan maupun yang memberontak menjadi iblis dan roh-roh jahat (Ef.6:12). 

Yesus Kristus sudah ada sebelum segala ciptaan ada. Ia berasal dari kekekalan hingga kekekalan; tidak mempunyai permulaan dan tidak pula mempunyai akhir. Ia adalah Allah ( Yoh.1:1,2).

  Oleh karena Yesus Kristus disebut sebagai yang sulung dalam kebangkitan-Nya, maka semua tebusan-Nya kelak akan menyusul. Kristus menjadi yang terpenting dan utama dari segala sesuatu, sebab tanpa Dia kita tidak mempunyai harapan (ayat 18).

Pada ayat 23 tiga adalah pesan untuk kepada jemaat kolose adalah penegasan juga untuk meyakinkan jemaat di kolose

Demi kepentingan keselamatan manusia, Allah menyatakan diri-Nya dan mengungkapkan rencana keselamatan itu. Satu-satunya cara untuk menyatakan diri-Nya adalah dalam wujud manusia yang tidak berdosa, yang dapat berhubungan serta berbicara dengan manusia yang berdosa. Dengan demikian kita dapat melihat kemuliaan Allah pada wajah Kristus (ayat 15). Kristus adalah Pencipta dan segala sesuatu adalah ciptaan-Nya termasuk yang tidak dapat dilihat oleh mata, yaitu makhluk-makhluk sorgawi seperti para malaikat, yang melayani Tuhan maupun yang memberontak menjadi iblis dan roh-roh jahat (Ef.6:12). Yesus Kristus sudah ada sebelum segala ciptaan ada. Ia berasal dari kekekalan hingga kekekalan; tidak mempunyai permulaan dan tidak pula mempunyai akhir. Ia adalah Allah (bdk. Yoh.1:1,2). 


Hubungan Kristus dengan jemaat diibaratkan dengan kepala dan tubuh. Kristus adalah kepala dan jemaat adalah tubuh. Kepala adalah sumber kehidupan dan mengikat anggota tubuh menjadi satu kesatuan. Kristus hidup untuk selama-lamanya, demikian pun yang akan dialami semua tebusan-Nya. Oleh karena Yesus Kristus disebut sebagai yang sulung dalam kebangkitan-Nya, maka semua tebusan-Nya kelak akan menyusul. Kristus menjadi yang terpenting dan utama dari segala sesuatu, sebab tanpa Dia kita tidak mempunyai harapan (ayat 18). 


Kristus dan Bapa adalah satu (bdk. Yoh. 10:30). Apa yang hanya dilakukan oleh Allah dilakukan oleh Yesus Kristus. Segala sesuatu yang terdapat pada diri Allah terdapat juga pada diri Kristus (ayat 19). Dengan perantaraan Kristus, Allah memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya. Manusia berdosa tidak sanggup dan tidak dapat mendamaikan dirinya sendiri dengan Allah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERDAYAAN YANG DI KEHENDAKI TUHAN

Taat menjadi murid Tuhan

Roh Kudus Allah dan Pemberitaan Allah