Langsung ke konten utama

Renungan Mingguan Kristen

Perencanaan

  Perencanaan yang Baik Memberi Arah yang Baik  Setiap pribadi pastilah memiliki tujuan dan cita-cita dalam kehidupannya. Maka untuk mencapai tujuan dan cita-cita tersebut setiap pribadi harus memiliki manajemen diri yang baik. Sebuah keluarga idealnya dimulai dari pribadi calon suami dan calon istri yang sepakat untuk membentuk keluarga dengan tujuan menjadi keluarga yang sejahtera dan bahagia, baik secara material/biologis maupun spiritual; keluarga yang hidup dalam kasih Kristus. Oleh karenanya, aspek perencanaan keluarga Kristen menjadi sangat penting. Perencanaan yang baik akan memberi arah yang baik bagi perjalanan keluarga. Perencanaan akan menghasilkan keteraturan. Pada 1 Korintus 14:33 dikatakan bahwa Allah tidak menghendaki kekacauan tetapi damai sejahtera atau keteraturan. Semakin baik perencanaan keluarga maka semakin teraturlah keluarga itu. Sejak proses praperkawinan (pacaran, pertunangan) perencanaan sudah harus dimulai. Setelah perkawinan, perencanaan tersebut ...

Drama Alkitab

 

Cara Bermain Drama Alkitab (Tanpa Kata)

Tujuan:

Meningkatkan pemahaman tentang kisah-kisah Alkitab dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Jumlah Pemain:

Minimal 4 orang (2 sebagai pemain, 2 sebagai penebak), tetapi lebih banyak lebih seru.



Persiapan:

1. Siapkan daftar kisah Alkitab yang akan diperankan (misalnya, Daud dan Goliat, Musa membelah Laut Merah, Yesus memberi makan 5000 orang).

2. Tulis setiap kisah di kertas kecil dan masukkan ke dalam wadah.

3. Bagi peserta menjadi dua kelompok:

Kelompok yang memerankan (akan memainkan kisah tanpa kata).

Kelompok yang menebak (akan menebak kisah yang diperankan).

4. Tentukan batas waktu, misalnya 2-3 menit per giliran.

Cara Bermain:

1. Pilih satu anggota dari kelompok pemeran untuk mengambil kertas dari wadah.

2. Kelompok pemeran berdiskusi singkat (tanpa suara) tentang bagaimana mereka akan menampilkan kisah tersebut.

3. Kelompok pemeran mulai beraksi, menggunakan gerakan, ekspresi wajah, dan interaksi tanpa kata untuk menggambarkan kisah.

4. Kelompok penebak mencoba menebak kisah yang diperankan.

5. Jika berhasil menebak dalam batas waktu, mereka mendapat poin.

6. Permainan berlanjut dengan kelompok yang berbeda hingga semua kisah dimainkan.

          7. Kelompok dengan poin terbanyak menang!

Makna Permainan:

Membantu memahami kisah-kisah Alkitab secara kreatif.

Meningkatkan kerja sama dan komunikasi non-verbal.

Membuat pembelajaran Alkitab lebih menyenangkan dan interaktif.

Saya akan membuatkan gambar yang menggambarkan permainan ini!


Komentar

Postingan Populer